RM. Ulu Juku Makassar

Waktu mudik ke Makassar lebaran lalu, saya akhirnya sempet nyoba makan di RM. Ulu Juku. Ulu Juku dalam bahasa Indonesia adalah kepala ikan, di tempat ini signature dishnya memang Kepala Kakap dan Kepala Ikan Sunu (salah satu jenis ikan kerapu). Terus kemarin tiba-tiba kepikiran lagi karena pas mudik, pas banget temen instagram saya ngepost lagi makan di sini. Sama-sama orang Bandung, sama-sama lagi mudik ke Makassar. Dan yak, akhirnya saya dan Fajar kesampaian juga makan di sini.

image

gulai kepala kakap

Awalnya saya pengen nyoba Pallumara ikan Sunu yang katanya lejenderi banget, tapi Fajar agak males karena kalau Pallumara sih sebenernya mertua saya sering bikin, dan Kepala Sunu juga sering tersaji di rumah. Akhirnya kami berdua pesen Gulai Kepala Kakap untuk berdua, nasi satu bakul dan seporsi tumis bunga pepaya kesukaankuuu.

Nggak lama setelah kami pesan, Gulai Kepala Kakap dan yang lainnya datang. Waktu suapan pertama saya udah agak kecewa, karena ternyata rasanya nggak seenak yang saya bayangkan sebelumnya. Ini enak sih, karena kepala kakap, yang mana kepala kakap seger diapain juga bakal enak. tapi ini bumbunya kurang berani dan ya begitu aja, gule biasa, kayak nggak ada resep rahasianya hahaha. Nggak tahu mungkin ekspektasi saya yang terlalu tinggi kali ya, karena saya ngebandinginnya dengan Kepala Kakap di RM. Padang yang mana rempah-rempahnya udah complicated dan kaya rempah banget. Atau bisa juga karena masakan padang udah mengendap terlalu lama in my blood jadi seleranya udah beda.. hihihi.. Tapi mungkin untuk yang nggak terlalu suka makanan pedas dan berempah atau nggak suka masakan padang, Gulai Kepala Kakap di Ulu Jukku ini boleh juga kok, cukup enak.
image

Nah, untungnya tumis bunga pepayanya enaaaaakkkkk banget. selain gurih rasanya, ada sensasi pedes dan juga dilengkapi dengan udang-udang kecil, jadi ada aroma anyir-anyir nikmat gitu, saya akhirnya yang ngabisin tumis bunga pepayanya. 😀

RM. Ulu Juku ini tempatnya agak random, pas saya sampai ke sana lumayan linglung karena di parkiran ada beberapa bangunan gitu, akhirnya setelah nanya sama Pak Satpam ditunjukin di mana letak restorannya. RM. Ulu Juku ini ada lima lantai diantaranya ada private room dan ada space buat acara nikahan gitu. Sebenernya agak males kalau makan di tempat yang “bisa dijadiin acara nikahan” karena rasa makanannya memang rasa makanan catering gitu sih. Saya take away kakap lada hitam dan itu rasanya kayak masakan di undangan.. Enak sih tapi pasaran 😁

image

Saya pernah baca di salah satu artikel yang membahas tentang “kemewahan” RM. Ulu Juku, hmmmm… gimana yah, tempatnya sih bagus dan serba kokoh terutama bagian luar dan tempat parkir, tapi saya nggak eskplor ke atas dan cuma makan di lantai satu. Jadi meja makannya ini dari marmer dan itu banyak banget, terus tempat kasirnya juga dari marmer dan spacenya lumayan gede, langit-langitnya juga marmer deh kayaknya. Kalau saya bilang Rumah makan ini dibangunnya pasti mahal (jelaslah, marmer semua..) tapi kalau lux sih nggak ya, kayak nggak ada konsep dan penampakannya cuma macem aula yang dikasih meja makan berjejer gitu.
image

Untuk servisnya yah not bad lah. Cuma ada salah satu mbak-mbak waiters yang menurut saya agak malesin sih. Waktu dateng kami berdua dikasih menu dan dia nungguin terus di samping kita dengan muka yang jutek. Terus udah gitu kita kan lagi milih-milih ya dan mungkin bagi dia itu lumayan lama. Kalau menurut saya sih suka-suka kita dong ya mau selama apa milih makanan apalagi nggak ada antrian yang nunggu meja gantian makan gitu. Dan memang menunya macem-macem terus kita sebenernya pengen nyoba semua tapi galau, apalagi ini Makassar, porsi makananya nggak nyantei.

Kemudian si mbak bertanya,
“mau pesen apa?” masih dengan muka juteknya.

Kalau buat saya, itu kayak interrupting something ya… Karena kita udah tahu si mbaknya di situ dan kalau memang udah mau pesen pasti kita langsung bilang lah. Dan kenapa dia nggak menjauh aja dan bilang kalau misalkan kita udah siap pesen, kita bisa manggil dia. Walaupun gedek tapi I used to it sih, karena itu di Makassar, makan di restoran yang lumayan mahal atau kelas kafe gitu juga servisnya banyak yang kayak gini.. Hihihihi.. Meskipun yang servisnya excellent juga ada sih…

Enihooo… Menurut saya Gulai kepala kakapnya sih a lil bit pricy, karena rasanya nggak terlalu spesial. Dan si Ulu Juku ini kosepnya macem restoran keluarga gitu, jadi satu menu emang lumayan mahal tapi porsinya banyak banget jadi bagusnya buat sharing sekeluarga.

Tempat ini cocok buat tempat gathering atau arisan gitu. Tapi Kayaknya sih saya nggak akan lagi makan di sini kalau nggak sama keluarga karena porsinya memang terlalu banyak. Yang penting tuntaslah rasa penasaranku. 😂

Gulai Kepala Kakap 50.500 idr
Tumis bunga pepaya 20.000 idr
kakap lada hitam 38.000 idr
Nasi bakul 22.000 idr
Es Teh tawar kalau gak salah 5000 idr
Es Jeruk 14.000 idr

RM. Ulu Juku
Jl. Prof.Dr. Abdurrahman Bassalamah (ex.Jl. Racing Centre ) No. 99A, Makassar
Buka setiap hari 09.00 – 22.00 WITA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s