Dapur Dahapati, The Best Sop Buntut In Town

image

Kalau ada orang yang bilang Sop Buntut Dahapati terenak di Bandung, mereka nggak berlebihan. Sop Buntut Dahapati itu Terbaixxx. Harus pake X nya tiga kali. Terbaixxx.

Kemarin saya nggak sengaja makan di Dapur Dahapati yang ada di Jalan Anggrek. Tadinya mau makan Mie Kocok Mang Dadeng yang ada di Jalan Riau yang seberang-seberangan sama Suis Butcher. Ternyata udah nggak ada. Plis bilang kalau tempat ini baru tutup baru-baru ini aja. Kalau udah lama, berarti udah lama juga saya nggak lewat Jalan Riau 😂. Nah karena nanggung pas di stopan, akhirnya kita belok aja dulu deh ke Jalan Anggrek, teteh saya bilang sama tante yang nyetir untuk ke Dahapati aja sebelah kanan. Karena udah laper berat, akhirnya kita semua langsung setuju.

Dahapati memang sebuah Legenda *tsaaah* pokoknya kalau ada yang nanya, “sop buntut paling enak di mana?” tanpa pikir panjang pasti banyak orang akan bilang “Dahapati”. Saya jugak!

Saya nggak sok-sokan sih, walaupun udah sering denger legendanya, sejujurnya ini memang kali pertama saya makan Sop Buntut Dahapati. Ya abis, nggak pernah inget untuk makan di sini karena jarang lewat juga sih. Nah makanya pas kemarin nggak sengaja nemu Dapur Dahapati di Jalan Anggrek ini, i feel so blessed. Gimana nggak, lagi laper-lapernya terus dikasih sop buntut, udahlah saya nggak butuh apa-apa lagi.
image

Enihoo, sop Buntut yang disajikan di Dahapati ini ada dua Jenis, Sop buntut yang biasa dan sop buntut goreng. Sop buntut biasa ya biasa aja bentuknya, kuah menyatu dengan daging dan sayurnya. Sementara Sop Buntut Gorengnya daging dan kuah dipisah, terus si dagingnya kayak ditumis pake berbagai macam bumbu dan kecap gitu.. Ya udah umum lah ya, macam sop buntut bakar gitu rupanya, bedanya dia digoreng bukan dibakar.
image

Menurut saya Sop Buntut biasa dan sop buntut bakarnya sama-sama enak banget. Dua-duanya beda karakter sih tapi kalau saya lebih suka sop buntut yang biasa, karena sop buntut gorengnya terlalu enak. Serius. Udah dagingnya enak banget, kuahnya juga enak banget, jadi too much gitu kalau buat saya. 😁

Daging dari kedua jenis sop buntut ini lembut banget dan bumbunya bener-bener meresap. Untuk sop buntut gorengnya, rasa gurih, asin dan manisnya bener-bener pas. Pokoknya happiness in my tummy gitu lah pasĀ ditelen. Kuahnya juga juara dunia sih, biasanya saya kalau makan sop buntut selalu nyisa kuahnya karena nggak terlalu enak, kalau kemarin malah habis tak bersisa *laper neeng?*. Tekstur wortelnya aja udah pas banget buat saya, terus kuahnya nendang banget. Keterlaluan.. Gurih dan asin di kuahnya bener-bener pas, terus kaldu dagingnya juga berasa banget dan ada sedikit rasa asem-seger gitu di lidah.. Bener-bener keniqmatan yang haqiqi.

Satu porsi sebenernya cukup banget buat dua orang karena menurut saya sih lumayan banyak seporsinya. Dagingnya banyak juga, nggak kayak biasanya kan sop buntut tulang doang yang gede, dagingnya nyempil-nyempil doang.

Satu porsi sop buntut biasa dihargai 63.000 dan sop buntut gorengnya 65.000. Kalau ada salah-salah harga mohon maap, saya lupa-lupa dikit. Oh ya, belum termasuk nasinya ya.

Selain sop buntut ada menu lainnya kok, ada ayam goreng dan Gado-gado, itu yang saya inget dan camilannya ada pisang goreng. Untuk minumannya kita pesan es teh manis dan es jeruk. Dua-duanya enaak.
image

image

Kalau untuk tempat saya nggak bisa ngebandingin sama Dahapati Cipaganti karena saya belum pernah ke Cipaganti, tapi dua-duanya sama-sama ada di rumah tua yang asik gitu. Dan interiornya nggak ada yang spesial, macem restoran keluarga biasa aja gitu. Orang ke sini kan buat makan, bukan buat foto-foto 😂. Tempatnya bersih dan lega, itu udah cukup selama Sop Buntutnya lezaaaaat hingga ke surga 😁.

Dapur Dahapati
Jalan Cipaganti 146
Jalan Anggrek 48
Buka setiap hari 09.00-22.00

Leave a Reply

