Jantung Pisang Merah Pedas

image

Sejak kecil saya jarang makan sayur yang aneh-aneh, karena Mamah biasanya memang cuma masak sayur yang itu-itu aja. Sampai sekarang masih kayak gitu sih. Makanya saya baru nyoba sayur yang nggak biasa itu ya setelah dewasa gini, itupun kalau makan di luar dan icip dari temen hahaha. Jadi saya baru kenal bunga pepaya dan bunga bawang itu setelah 24 tahun tinggal di bumi ini lah.. Nah yang baru saya coba ini adalah jantung pisang.

Ini bener-bener spesial request dari Pak Tetta yang nampakny udah bosen sama sayur yang itu-itu aja. Pas di Makassar dulu sih Pak Tetta sering makan jantung pisang masakan Mama mertua. Eh ya, saya juga pertama kali makan jantung pisang waktu di Makassar makan Kapurung dan Lawar di RM. Aroma Luwu. That was the best!

Nah akhirnya beberapa waktu lalu Pak Tetta rikues jantung pisang, ah cincay lah.. Googling aja, karena Mama mertua lagi di luar dan gak bisa nerima telepon untuk ditanyain resep.

Kalau masak masakan yang baru pertama dibikin, saya selalu dilanda keraguan. Tapi karena udah sering masak, saat lihat bumbunya kadang saya udah kebayang rasanya bakal gimana. Dan motto saya adalah, when in doubt, make it spicy. Pokoknya kalau udah ada pedesnya makanan yang nggak enakpun akan lebih bisa diterima.

Akhirnya si jantung pisang ini baru sempat saya eksekusi tadi siang, saya langsung googling dan nemu resep yang saya rasa cocok rasanya dan bumbunya simple ada di kulkas semua. Resep ini saya dapat di cookpad punyanya mbak Amalina Zakia. Resepnya saya modifikasi sendiri. Kalau ada yang mau tahu resep aslinya langsung search aja di cookpadnya ya

Bahan
1 buah jantung pisang, kupas bagian luar yang keras

Bumbu yang dihaluskan
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe merah besar
7 buah cabe merah keriting
10 buah cabe rawit besar (cengek domba)

Bumbu lainnya
1 batang serai, ambil putihnya saja.. Geprek
1 ruas lengkuas, geprek
1 lembar daun salam
1 buah tomat, potong 8 bagian
1 sdt garam
1 sdt gula
1 sdt kaldu bubuk instan
Air

Cara Membuat
1. Bersihkan jantung pisang, potong menjadi dua bagian kemudian rebus kurang lebih 15 menit atau sampai jantung pisang tidak keras lagi.
2. Tiriskan dan potong jantung pisang sesuai selera, bisa seperti dadu atau saya lebih suka bentuknya suwiran.
3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian masukkan tomat, lengkuas, salam dan serai. Aduk hingga tercium aroma harum dan matang.
4. Masukkan jantung pisang yang telah dpotong, kemudian aduk rata.
5. Masukkan air sebanyak kurang lebih 350 ml, aduk rata tambahkan gula, garaM dan kaldu bubuk.
6. Tunggu hingga air agak menyusut, koreksi rasa. Karena pada awalnya jantung pisang sudah matang, maka memasaknyapun tidak perlu lama-lama.
7. Setelah air menyusut, matikan api dan hidangkan.

Dan setelah matang ternyata ini enak saudara-saudara. Teksturnya saya suka banget lembek-lembek lucu gitu. Pedes nya cukup kalau buat saya sekeluarga, dan yang penting sudah diapresiasi dengan baik oleh Pak tetta dengan cara, nambah 2 piring.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s