Ikan Kembung ala Batokok

image

I kinda obsessed with bumbu dendeng batokok RM. Padang Malah Dicubo. It’s a super duper guilty pleasure. Bayangin aja, bumbu yang dibanjiri oleh minyak, rasa mecin yang berlimpah, dan sensasi pedas yang bikin lidah bergoyang gak jarang bikin saya kebayang-bayang terus. Akhirnya saya nyoba mereplikasi bumbu batokok ini, hasilnya lumayan mirip.. Cuma lumayan mirip ya. Secara garis besar mirip tapi nggak sespesial malcub. Rasanya nggak cukup madang hahahaha…

Dan beberapa waktu lalu saya post di sini pindang tongkol ala-ala batokok, itu akhirnya jadi salah satu masakan favorit keluarga. Akhirnya bumbu batokok itu jadi comfort zone saya.. Punya protein apapun di rumah, kalau udah males mikir, pasti langsung masak bumbu batokok aja. Usahanya cetek, hasilnya memuaskan banyak orang. Makanya sekarang saya selalu punya stok cabe kriting ijo dan tomat ijo.. Ya abis, bumbu batokok ini dicampur telor ceplok aja udah pasti enak.

Kebetulan kemarin ada ikan kembung.. Yaudah digoreng kering, terus di siram bumbu deh. Kalau biasanya daging atau pindang tongkol selalu saya campur bareng bumbu, ikan ini cukup disiram aja, biar krenyes-krenyes bagian ekor dan kepala ngga hilang begitu aja. Kalau kamu suka ikan, menu ini enak banget.. Resep bumbunya bisa dicek batokok

btw, foto ikan kembung ini saya ambil pake kamera film punya Pak Tetta, Minolta Dynax 7 dan filmnya superia 200. Sejak suka motoin makanan, sekarang saya jadi lebih tertarik buat belajar. Ternyata hasil perkawinan dynax dan superia 200 ini lumayan bagus, saya ngiranya bakal lebih jelek dari ini soalnya hahaha. Dan motret pake film emang nggak perlu banyak diedit-edit. Kadang enak tapi kadang gak enak juga.. Tapi sejauh ini saya suka sih hasilnya. Natural. Paling dikasih lebih terang lagi aja sedikit. Pake snapseed aja udah cukup.

Leave a Reply

