Jagung Pulut, Direbus Aja Udah Enyak!

image

Minggu lalu saya dikirimin Jagung Pulut, jagung putih yang teksturnya lengket kayak ketan, hasil kebun sendiri. Iya, untuk mengisi waktu, udah lebih setahun ini mertua saya berkebun di sela-sela kesibukan mereka *tsaaahh~* dan waktu buka paketnya, saya amazing aja jagungnya lumayan banyak bangeeeettt, sementara kalau saya beli jagung di pasar aja sekilo cuma 4 biji. Pas dicek resinya, paketnya itu ada 8 kilo aja, udah termasuk 6 ekor ikan kering yang juga bikinan sendiri.

Banyak yang bilang kalau jagung pulut cuma ada di Makassar, memang iya sih jarang banget saya temui, tapi tante saya yang tinggal di Cimahi pernah bawa, katanya tetangganya ada yang berkebun juga dan dia sebut jagung ketan.

Biasanya jagung pulut ini direbus gitu aja langsung dimakan. Teksturnya emang enak banget lengket kayak ketan, tapi rasanya memang plain, nggak kayak jagung manis tapi sama-sama wangi. Walaupun rasanya plain, saat merebus memang biasanya nggak perlu dikasih gula atau garam, karena nanti dia akan dicocol ke “sambal”.

Sambalnya bener-bener alakadarnya. Cuma cabe rawit merah yang digerus pake garem. Terus makannya dicocol, emang nggak merata sih asinnya pas dimakan, tapi nggak mengurangi kenikmatannya bagi saya. Kalau jagungnya beli udah matang, biasanya sambal yang dikasih itu cabe bubuk yang dicampur garam. Sama-sama enak kok dua-duanya.

Kalau momennya pas mudik pas musim tanam jagung, setiap ke Makassar biasanya hampir selalu ada jagung pulut yang enyak. Makanya pas kemarin makan jagung kiriman ini, atmosfirnya langsung berasa lagi di Makassar dan berasa lagi makan bareng keluarga di sana. *ciyeeee….*

Leave a Reply

