Mie Ayam Males

image

Dari kemarin saya pengen banget Mie Ayam. Tapi rasa ingin mie ayam ini berbanding lurus dengan rasa malesnya. Beberapa hari ini emang males banget belanja ke pasar. Sedih liat kulkas kosong bener. Beli cengek aja ngeteng serebu-serebu dengan niat “beli seribu aja dulu, kan besok mau ke pasar…” dan PR juga sih bolak-balik ke warung. Untung tadi mamang sayur lewat dan dia bawa ayam. Karena hasrat makan mie ayam ini begitu membuncah, maka saya memutuskan pake bahan yang ada aja di dapur.

Bahan
2 porsi Mie telor. Saya pake mie telor spesialnya Baso Cihampelas. Dia udah digulung per-porsi gitu, jadi saya pake 2 gulung untuk 2 porsi.
1/4 kg ayam. Cuci bersih, lumuri sedikit garam dan air perasan jeruk nipis. Potong dadu

Bumbu untuk topping ayam
1 siung bawang merah, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
1/2 buah bawang bombay ukuran sedang (adanya cuma segini, qiqqiqi), potong kasar
2 batang daun bawang, potong sepanjang ruas jari.
1 sdt garam
1/2 sdt gula
3 sdt kecap manis
1 sdt saus tiram
1/4 sdt merica (saya bukan penggemar merica, jadi dikit aja pakenya)

Pelengkap
Bawang goreng
Daun bawang, cincang kasar
Seledri, cincang halus
Minyak ayam, yang terbuat dari tumisan bawang merah dan kulit ayam. (It’s not healthy, but it’s tasty.) Tambahkan 1/2 sampai1 sdt aja untuk 1 porsi
Sambal (gerus cabai rawit merah yang sudah direbus, campur dengan air panas)

Cara membuat
Kaldu
1. Rebus tulang ayam setelah dagingnya dipotong-potong, dengan air sesuai kebutuhan.
2. Karena judulnya Mie Ayam males, saya nggak pake bumbu kaldu yang ribet. Cukup pake minyak ebi dan minyak bawang putih yang udah jadi. Beli dari Baso Cihampelas juga…
3. Rebus pakai api paling kecil supaya sari-sari ayamnya terlepas perlahan dan sempurna.

Topping Ayam
1. Tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombay dan daun bawang sampai harum dengan 4 sdm minyak goreng.
2. Masukan ayam yang sudah dipotong dadu, aduk sebentar hingga terlihat berubah warna.
3. Masukan air kurang lebih 500 ml.
4. Tambahkan kecap, merica, saus tiram, gula dan garam.
5. Koreksi rasa sesuai selera.
6. Masak dengan api kecil supaya bumbu meresap.
7. Setelah air menyusut dan bumbu sedikit mengental, matikan api.

Terakhir, rebus mienya deh. Setelah matang tambahkan sedikit kuah dan topping ayam kecap. Jangan lupa juga pelengkapnya.

Sekedar informasi aja, Baso Cihampelas, lokasinya ada di Jalan Suryani dalam, Bandung. Biasanya mereka masuk-masukin basonya juga ke supermarket. Tapi kalau mau komplit memang mending langsung dateng ke TKP atau delivery order aja. Ini adalah pabrik baso favorit saya sejak jaman kakek saya masih ada qiqiqiqi. Lengkap bangettt isinya. Mulai dari daging, baso yang bermacam-macam jenisnya, siomay, mie telor yang fresh, bumbu sampai kuahnya ada di sini. Rata-rata memang buat dipake jualan lagi sih. Makanya harganya juga murce…

Ini bukan iklan, tapi saya gak nolak kalau misalkan di endorse sama Baso Cihampelas. Cungguh!

Bikin baso atau mie ayam gini emang gampils banget sih dan keliatannya gitu doang. Emang iya. Tapi saya kudu niat banget….. Soalnya printilannya banyak bener. Jadi kalau bikin enaknya sekalian bikin banyak aja buat gathering keluarga gitu. Lumayan loh lebih sehat, buat kantong.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s