Soto Ceker Ayam

image

Ceker adalah salah satu bagian dari ayam yang diolah jadi apapun bakal enak. Teksturnya asik banget kalau dimasak lama dan rasa gurihnya juga mantaps. Sungguh.

Saya kira cuma orang bule aja yang geli sama ceker ayam, tapi ternyata di Indonesia pun nggak semua daerah merasa lazim makan ceker. Waktu ke Makassar 2 tahun lalu, saya baru tahu kalau kebayakan atau hampir semua orang Makassar nggak makan ceker. Terbukti Mama mertua saya keanehan dan malah bilang “eh kodong, kenapa ndak beli dagingnya saja?”. Tuh, beliau aja nyebut kasian kan hahaha. Bukan cuma itu, bahkan saya cuma harus bayar 5000 perak aja buat satu keresek ceker yang isinya mungkin ada satu kilo, sementara di sini harganya lima kali lipatnya. Eh lebih amazing lagi waktu September kemarin, terakhir saya ke Makassar, saya nitip ceker ke Mama mertua pas beliau mau ke pasar dan katanya pas mau beli malah dikasih gratis sama penjualnya. Jualan seblak ceker bakal untung banyak kayaknya hahahaha *ya kalo ada yang mau beli*

Salah satu olahan ceker yang paling saya suka adalah Soto Ceker. Tampilan dan rasanya sih kayak soto ayam biasa, tapi karena kaldunya kaldu ceker ayam, rasanya jadi lain aja. Terus kuahnya juga jadi sedikit lebih mengental.

Saya pertama kali makan soto ceker ini di Bali waktu tahun 2012. Nggak sengaja sih waktu pulang kemaleman di jalan nemu warung soto yang rame. Dan rasanya enyaaak banget. Saya lupa tempatnya dimana, kalau ga salah di daerah Pasar Kuta situ. Nama warung sotonya juga lupa. Tapi kenangannya tetap di hati… qiqiqiqi…

Dengan mengandalkan indera perasa, Mama saya berusaha mereplikasi soto ceker ini. Close enough meskipun rasanya kurang mecin. Dengan berbekal nasihat ibunda itu, saya selalu bikin soto ceker dengan sakses…

image

Di sini nggak pake kemiri, soalnya lupa. Baru ingat tepat sebelum mau numis bumbu. πŸ˜€

Bahan
1/2 kg ceker ayam
1 butir jeruk nipis, peras airnya
1 ruas lengkuas, memarkan
1 ruas jahe, memarkan
2 batang serai potong kurang lebih 3 cm, memarkan
3 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
3 sdt garam
1 sdt gula pasir
1 sdt kaldu bubuk instan (optional)
7 buah cabai rawit besar (cabai domba) untuk sambal

Bumbu yang Dihaluskan
4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri disangrai terlebih dahulu
3 cm kunyit

Pelengkap
1/4 bagian kol ukuran sedang, bisa diseduh terlebih dahulu
1 bungkus soun, rendam air suhu normal matang selama kurang lebih 1 jam
Toge secukupnya (saya gak pakai toge, karena males bersihin ekornya :D)
Bawang goreng
Bawang daun, cincang kasar
Seledri, cincang halus
Sambal

Cara membuat
1. Bersihkan ceker, kemudian lumuri dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan hingga 15 menit.
2. Siapkan air dalam panci, masukan cekerΒ  kemudian rebus dengan api kecil supaya sari-sari ceker terlepas sempurna.
3. Tumis bumbu yang dihaluskan bersama daun salam, serai, jahe, lengkuas dan daun jeruk dengan 2 sdm minyak.
4. Setelah tercium aroma harum, masukan bumbu ke dalam rebusan ceker.
5. Masukan garam, gula dan kaldu instan. Koreksi rasa sesuai selera.
6. Tunggu hingga ceker matang dan dagingnya terlihat melembek atau mudah lepas. Saya biasanya merebus ceker sampai 3 jam, supaya dagingnya jadi lembek. Kalau mau cepat, bisa pakai panci presto tapi kaldunya mungkin kurang asik πŸ˜€

Cara Membuat Sambal
1. Rebus Cabai kurang lebih 3 menit.
2. Angkat dan tiriskan.
3. Gerus dengan ulekkan hingga halus. Hati-hati ya karena air di dalam cabai akan muncrat.
4. Setelah halus, pindahkan ke dalam mangkuk dan tambahkan 20ml air hangat.

jadi, kamu #TeamCeker atau bukan? πŸ˜€

Advertisements

2 thoughts on “Soto Ceker Ayam

  1. Halo, salam kenal. Baca postingan ini bikin senyum-senyum. Pacar saya orang makassar dan menurutnya, ceker itu tergolong makanan “menderita” πŸ™‚ padahalkan soto ceker ayam (buatan ibu) itu enak banget πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s