Ubi Goreng Sempurna yang Pertama

image

Sebagai orang Indonesia, kayaknya kita susah banget lepas dari yang namanya gorengan. -Saya mungkin ya, bukan kita. Qiqiqiqi..- Soalnya buat saya, gorengan itu camilan yang simple tapi enak meski nggak sehat. Salah satu gorengan favorit saya sekeluarga adalah ubi goreng.

Kalau bikin gorengan sendiri, Saya jarang bisa dapet gorengan yang krispinya sempurna. Hasilnya selalu bantet dan nggak enak dipandang. Biasanya adonan yang saya pake adalah terigu dicampur tepung beras, tapi tekstur yang saya dapatkan tidak seperti yang saya harapkan. Pas minggu lalu saya nonton Dining ā˜… Al Fresco, acara kuliner Jepang di channel Gem yang pembawa acaranya lebay. Ceritanya mereka lagi bahas tentang perkebunan zucchini di Jepang terus mereka mau bikin tempura zucchini. Si chefnya bikin adonan dari terigu yang dilarutkan pake soda katanya supaya krispi dan jadi tempura yang sempurna. Mungkin ini informasi yang basic dan umum, tapi asli, saya nggak pernah kepikiran. Hahahaha

Karena di rumah nggak ada soda, dan kayaknya PR aja gitu musti beli soda dulu, maka saya coba pake baking soda dengan harapan si baking soda bakal bikin adonannya “ber-udara” juga. Soalnya sebelumnya saya baca-baca tentang cara bikin martabak dan biar adonan berongga katanya pakai baking soda gitu, nah kali aja it works for gorengan. Dan ternyata saya berhasil dapet tekstur yang saya harapkan. Krispinya pas dan masih ada bagian tepung yang tebelnya, tapi gak bantet. Nah untuk appearance si ubi goreng ini sengaja saya bikin kayak gini biar cakep aja, kayak ubi goreng di Warkop Imah Babaturan

Bahan
2 buah ubi ukuran sedang, potong memanjang seperti jari.
10 ons terigu serbaguna
1/2 sdt garam untuk adonan
3 sdt garam untuk merendam ubi
1/2 sdt baking soda
200 ml air
Minyak goreng secukupnya. Kalau hasilnya mau perfect, pastikan minyaknya cukup buat deep frying.

Cara membuat
1. Siapkan panci, Larutkan 3 sdt garam dengan air secukupnya. Rendam ubi selama kurang lebih 10 menit. Tenang aja, ubinya nggak akan jadi asin kok, cuma biar getahnya bersih aja.
2. Campurkan terigu, baking soda, garam dan air. Diamkan selama 15 menit.
3. Adonan yang saya buat ini relatif encer ya, jadi kalau lebih suka yang lebih padat bisa dikurangi airnya atau ditambah terigunya.
4. Masukan ubi ke dalam adonan terigu, aduk rata.
5. Panaskan minyak.
6. Goreng seperti biasa
7. Tunggu hingga warna ubi sudah kuning keemasan, angkat dan tiriskan.

Saya tergila-gila sama aroma margarin (blue band yak, bukan butter) yang dipanaskan. Jadi belakangan ini saya sering ngolesin mentega ke atas gorengan yang masih panas, dan itu wanginya kayak syurgaaa… Terus kasih sedikit susu kental manis deh di atasnya, kalau ada keju, bisa diparut dan ditambahkan, Biar lengkap nikmatnya.

image

7 thoughts on “Ubi Goreng Sempurna yang Pertama

Leave a Reply

