Ikan Budur Asam Manis-Pedas

image

Well, ini adalah postingan resep pertama saya. Agak nervous ngetiknya. Qiqiqiqiiqi

image

lumuri ikan dengan tepung maizena

Jadi kemarin saya dikasih ikan sama Oom saya, katanya dia dapet dari sepupu saya yang mertuanya jualan ikan. Oom saya sebetulnya cuma butuh sedikit buat umpan mancing, tapi dikasihnya malah hampir setengah kilo kayaknya. Akhirnya sisanya dihibahkan pada saya.

Oom saya nyebutnya ikan budur, saya gak tahu pastinya ini ikan apa karena saya googling juga gak ada tuh ikan Budur. Penjual ikan di tempat sepupu saya itu sih nyebutnya ini kakap KW. Kalau pengen kakap tapi budgetnya kurang, pilihlah ikan ini. Saya dikasih ikan ini udah dalam bentuk fillet. Kalau kelihatannya sih memang mirip kakap atau tuna yang dagingnya tebel, tapi dia lebih banyak uratnya gitu dan teksturnya lebih kasar dan keras. Lebih kasar daripada fillet dada ayam. Kalau kamu tahu nama internasionalnya si ikan budur ini, please let me know.. x)

Ikan ini aromanya memang lumayan amis. Kalau buat yang nggak begitu suka ikan, mungkin bakalan dadah-dadah duluan. Nggak saya tambahin garam aja rasanya udah guriiih banget. Makanya paling pas kalau dimasak pake bumbu yang seger ada asem dan pedesnya gitu.
image

Dari kecil saya selalu terobsesi sama ayam goreng tepung alias fried chicken *halah*. Waktu awal-awal belajar masak saya coba semua cara goreng tepung yang saya temukan. Kebanyakan sih ujung-ujungnya tepung ketebelan dan ayamnya kurang matang. Tapi akhirnya saya nemuin juga cara simple dan gak ribet. Hasil lebih memuaskan. Nah saya masak ikan ini juga pake goreng tepung biar asik kalau dibumbui asam-manis.

Bahan
250 gram ikan budur ikannya bisa diganti ikan apa aja yang berdaging tebal.
1 buah Jeruk Nipis
1/2 sdt garam
1 siung bawang putih
1 sdt merica bubuk
10 sdm Tepung terigu serba guna (Saya pakai segitiga biru)
2sdt Tepung maizena

Bumbu Asam Manis Pedas
1 siung bawang putih, cincang halus
1 buah bawang bombay ukuran sedang, potong kasar
1 buah cabe ukuran besar, potong secara diagonal
1 buah tomat ukuran sedang, potong kasar
5 sachet saus tomat
1 sachet saus cabe
1/8 bagian Nanas, potong dadu ukuran kecil.
1 sdt gula putih
1/4 sdt kaldu instan bubuk
1 sdt Tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
Minyak untuk menumis
Air secukupnya

Cara Membuat
1. Setelah ikan dibersihkan, potong dadu dengan ukuran yang tidak terlalu besar.
2. Lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis garam dan merica. Diamkan selama 30 menit.
3. Siapkan tepung terigu diatas piring.
4. Larutkan tepung maizena dengan air yang cukup, kemudian simpan di atas piring.
5. Setelah bumbu ikan meresap, simpan ikan di atas larutan tepung maizena sampai semua permukaan ikan tertutup.
6. Masukan ikan ke dalam tepung terigu kering kemudian aduk sampai terigu menutupi permukaan ikan. Jika ikan tidak akan digoreng bersamaan supaya lebih hemat minyak, Jangan lakukan step ini sekaligus ya. Masukan ikan ke dalam terigu kering secara bertahap tepat sebelum akan digoreng supaya hasilnya bagus.
7. Panaskan minyak dan pastikan kalau ikan bisa digoreng sampai tenggelam a.k.a deep fried
8. Setelah minyak panas, masukkan ikan, lalu kecilkan api supaya ikan bisa matang sempurna sampai ke dalam.
9. Terakhir, Setelah ikan terlihat menguning, angkat dan tiriskan.

Cara membuat bumbu asam manis
1. Panaskan wajan, kemudian masukkan minyak.
2. Setelah minyak panas, masukan bawang putih, bawang bombay, cabai dan tomat. Tumis hingga aromanya harum.
3. Masukkan saus tomat dan saus cabai, aduk hingga rata.
4. Tambahkan air, gula putih dan kaldu instan. Tunggu hingga mendidih. Cicipi dan koreksi rasa sesuai selera.
5. Masukkan nanas, lalu aduk sebentar.
6. Tambahkan larutan tepung maizena, aduk rata dan tunggu sampai  saus mengental. Matikan kompor
7. Saat saus tidak terlalu panas , Guyur saus ke atas ikan yang sudah matang.

Yang paling saya suka dari bumbu asam-manis adalah nanasnya. Memang sih bisa diskip aja karena saus tomat dan tomat segar udah bikin asem, tapi nanas ngasih sensasi yang beda aja, karena aromanya tajem jadi bikin sausnya wangi. Daripada beli bumbu asam-manis instan, ini jauh lebih enak dan bikinnya gampang banget kan. Yuk coba bikin!

Advertisements

2 thoughts on “Ikan Budur Asam Manis-Pedas

  1. Untuk bikin goreng2an tepung, saya biasanya pake campuran tepung terigu dan tepung tapioka. Kalo untuk ikan, tepung terigu dan tepung tapioka perbandingannya sama. Kalo untuk ayam perbandingan tepung terigu dan tepung tapiokanya 3 : 1. So far hasilnya bagus 😀

    Ikan budur tuh sama gak ya dengan ikan bader/ikan tawes?

    • Waah belum pernah coba pake campuran tapioka. Nanti aku coba aahh…

      Ikan tawes nggak sebesar tuna gitu kan ya Kak? Kayaknya bukan deh. Tapi penasaran si budur ini apa sebenernya hahahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s